About us

Header Ads

Segudang Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan Ibu Hamil


Buah kurma merupakan salah satu buah yang popular dan mudah ditemukan, khususnya pada waktu bulan Ramadan dan menjadi makanan berbuka puasa yang istimewa. Ada banyak manfaat sari kurma jika dikonsumsi secara rutin, seperti: menjaga kesehatan jantung, kesehatan usus, meningkatkan kadar oksigen di dalam darah, mencegah infeksi, mencegah penyakit kangker, meningkatkan produksi sel darah merah, menjaga kesehatan tulang dan gigi, mengontrol produksi gula darah dan masih banyak manfaat lainnya.
Manfaat sari kurma disebabkan karena kandungan di dalamnya seperti mineral dan vitamin. Mengandung 80% gula dan beragam mineral, seperti kalsium, zat besi, natrium, kalium, fosfor, magnesium dan zat seng. Tidak hanya itu, beragam vitamin terdapat di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin K, thiamin, niasin, riboflavin serta protein dan lemak.
Berikut adalah manfaat sari kurma terutama untuk ibu hamil beserta penjelasannya.

Mencegah Anemia Dan Membantu Pembentukan Hb
Hemoglobin atau disingkat Hb sangat penting untuk tubuh. Memiliki peran membawa oksigen di dalam tubuh ke sel-sel darah merah. Selain itu, Hb juga memproduksi sel darah merah. Jika produksi Hb berjalan dengan baik dapat mencegah anemia khususnya pada ibu hamil. Tidak hanya itu, ibu hamil yang mengkonsumsi kurma sangat baik untuk kondisi janinnya untuk mendapatkan nutrisi dengan baik dan mendukung perkembangan janin berkembang sesuai fasenya.

Menyehatkan Janin Dan Membantu Proses Persalinan
Untuk ibu yang tengah hamil, mengkonsumsi sari kurma membantu produksi hormone sejenis oktistosin yang merangsang kontraksi otot polos rahim pada waktu menjelang proses persalinan. Jadi makan buah ini bisa dijadikan cara untuk mempercepat rangsangan fase pembukaan. Pada waktu pasca melahirkanpun, mengkonsumsinya dapat membantu menstabilkan nutrisi dan aliran darah.

Memberikan Tambahan Tenaga Ekstra
Manfaat sari kurma untuk ibu hamil berikutnya adalah dapat memberikan asupan energi. Hal ini karena, buah kurma mengandung gula alami yang dapat memberikan asupan energi. Gula alami dapat diproses cepat oleh tubuh, kurang dari 60 menit. Sangat disarankan untuk ibu hamil yang memiliki banyak aktivitas atau kegiatan.

Mengatasi Sembelit
Masalah yang sering dialami ibu hamil adalah sembelit atau gangguan pencernaan. Kandungan serat pada kurma membantu melancarkan BAB.  Selain sembelit, sebagian ibu hamil mengalami masalah pencernaanyang sensitive yang bisa memicu diare. Kandungan kalium dalam buah kurma berkhasiat mengatasi diare. Selain mengatasi sembelit dan diare, sari kurma sekaligus dapat menjaga berat badan ibu hamil.

Menguatkan Tulang Ibu Hamil Dan Janin
Selama masa kehamilan, ibu akan kekurangan zat kalsium dan mineral karena dibagi dua dengan janin untuk mendukung proses pertumbuhannya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ibu hamil disarankan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kedua zat tersebut. Nah, kandungan mineral dan zat besi di dalam kurma cukup besar, membantu melawan osteoporosis dan memperkuat tulang.
Manfaat sari kurma tidak hanya untuk ibu hamil, namun juga mendatangkan manfaat kesehatan baik anak-anak, remaja dan orang tua, Agar hasilnya maksimal, mengkonsumsi buah kurma harus sesuai dengan aturannya, yaitu:


1. Hindari mengkonsumsi secara berlebih, jangan lebih dari 1 ons per-hari.

2. Konsumsi pada waktu pagi hari untuk meningkatkan stamina.

3. Tidak dikonsumsi bebarengan dengan makanan tinggi gula lainnya karena kandungan gula di       
    dalam kurma sudah cukup tinggi.

4. Apabila Anda mengkonsumsi sari buah kurma dalam bentuk kemasan, minum sesuai anjuran 
    yang tercantum di dalam kemasan dan pastikan Anda membelinya di penjual yang terpercaya.

Post a Comment

0 Comments