About us

Header Ads

Makanan Penurun Kolesterol Yang Terbukti Ampuh



Kolesterol yang menumpuk di dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti:penyakit jantung. Kolesterol terdapat pada jenis makanan tertentu, oleh sebab itu agar terhindar dari penyakit yang disebabkan kolesterol kita perlu membekali diri dengan pengetahuan mengenai apa itu kolesterol, jenis makanan yang mengandung kolesterol serta makanan penurun kolesterol alami.

Penjelasan Apa Itu Kolesterol
Kolesterol adalah zat yang mirip lemak, zat ini bisa ditemukan pada semua sel-sel di dalam tubuh. Sebenarnya tubuh kita membutuhkan zat kolesterol karena membantu produksi hormone estrogen, testosterone, Vit D, kortisol dan asam empedu yang berfungsi mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh dan mencerna lemak.
Berdasarkan jenisnya, kolesterol terbagi menjadi dua, yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik.

  - Kolesterol jahat atau kolesterol Low Density Lopoprotein (LDL) dapat merugikan tubuh karena dapat menimbun lemak di dinding pembuluh darah kecil. Apabila timbunan lemak semakin menumpuk, tebal dan keras bisa menyebabkan peyumbatan aliran darah.

  - Sedangakn kolesterol baik atau Kolesterol High Density Lipoprotein (HDL) dapat membersihkan lemak dari pembuluh darah ke hati.

Makanan Pencegah Kolesterol
Seperti yang dipaparkan di awal artikel, tubuh kita membutuhkan zat kolesterol. Namun jika kadarnya terlalu banyak atau melebihi batas normal maka beresiko terkena berbgai jenis penyakit berbahaya, seperti: jantung koroner, stroke, dan lainnya.
Untuk mencegah penyakit yang disebabkan kolestrol salah satu cara yang paling mudah dan ampuh adalah mengurangi mengkonsumsi makanan yang kandungan kolesterolnya tinggi, seperti iga daging, daging sapi, santan kelapa, susu sapi, cokelat, jeroan kambing, jeroan sapi, otak sapi, kerang, tiram dan jenis makanan laut lainnya.
Selain mengurangi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, penting konsisten menjalankan pola hidup sehat, salah satunya mengkonsumsi makanan pencegah kolesterol. Berikut ini beberapa jenis makanan yang berkhasiat mampu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

  - Gandum, makanan ini mengandung gizi dan terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol serta mengatur kandungan gula di dalam darah.

  - Beras merah, mengandung zat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti Vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien. Selain itu, serat yang terdapat di dalam beras merah berkhasiat menurunkan atau menstabilkan gula darah.

  - Buncis merupakan jenis sayur mayur yang mengandung lemak tak jenuh ganda yang disarankan dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  - Bayam merupakan jenis sayur mayur hijau yang mengandung zat lutein yang dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu bayam juga dapat melindungi kesehatan jantung dari bahaya lemak.

  - Buah alpukat berkhasiat dapat mencegah menumpuknya kolesterol karena kandungan di dalamnya yaitu: Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B1, Vitamin B6, zat besi, zat fosfor, asam pantotenat, asam folat, kalium, magnesium dan glutation. Alpukat juga mengandung banyak lemak tak jenuh dan serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Selain jenis makanan tersebut, masih banyak jenis makanan lainnya yang terbukti ampuh mengatasi masalah kolestrol, seperti: kubis,biji bunga matahari, bawang putih, labu siam, kacang kacangan dsb. Selain sayuran, masih ada jenis makanan yang lain seperti buah mangga, belimbing manis, tomat, anggur, jeruk, papaya, strawberry, cranberry dan blueberry.
Mengkonsumsi makanan penurun kolestrol bisa dengan mengkombinasikannya. Penting untuk mengetahui pula bagaimana cara membuat olahan masakan dari bahan makanan penurun kolestrol, apa saja bahan tambahannya dan berapa banyak yang harus dikonsumsi.
Agar hasilnya maksimal, selain mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan penurun kolestrol, jangan lupa rutin berolahraga secara teratur. Semoga artikel ini bermanfaat!

Post a Comment

0 Comments