About us

Header Ads

Kenali Gejala Asam Urat Agar Tak Salah Obat



Jika anda merasakan nyeri parah yang disertai dengan pembengkakan dan rasa panas pada  persendian, bisa jadi itu adalah salah satu gejala asam urat. Meskipun kebanyakan asam urat menyerang pasien dengan usia yang sudah lanjut, namun tidak menutup kemungkinan akan menyerang juga pada pasien usia sekitar 30-an.
Awal gejala asam urat ini hanya sebatas rasa kesemutan saja. Namun jika selalu diabaikan, rasa itu akan berlanjut pada bengkak dengan warna kulit yang kemerahan serta sulit untuk bergerak karena rasa sakit yang teramat menyiksa.

Penyebab Asam Urat
Penyebab utama penyakit asam urat ini adalah adanya penumpukan kadar asam urat yang akan membentuk kristal monosodium pada urat sehingga menyebabkan peradangan di area persendian.
Sebenarnya asam urat ini bisa menyerang persendian tulang seluruh tubuh. Tapi yang paling sering diserang adalah pada bagian sendi jari tangan dan kaki, pergelangan kaki dan juga lutut.

Ciri-Ciri Asam Urat
Dalam banyak kasus, gejala asam urat tidak serta merta datang secara perlahan. Namun justru baru dirasakan saat penderita sudah memasuki fase kronis. Untuk sekadar diketahui saja, bahwa ciri-ciri asam urat secara umum bisa dilihat dari beberapa hal berikut ini.
   1. Rasa panas pada sekitaran sendi.
   2. Adanya warna kulit kemerahan pada area sendi.
   3. Sendi terasa lunak dan bengkak.
   4. Sendi akan terasa sakit mendadak pada  pagi hari selepas bangun tidur.
Jika anda mengalami satu atau beberapa hal di atas, bisa jadi itu adalah salah satu ciri asam urat.

Pantangan Asam Urat
Ada beberapa macam makanan yang harus dipantang oleh mereka yang terkena asam urat, antara lain:
1. Daging
Daging mengandung zat purin dan kolesterol yang cukup tinggi. Sehingga beresiko bagi penderita asam urat. Jika masih ingin mengonsumsi daging, pisahkan daging dari lemaknya. Dan usahakan memgolah daging dengan cara direbus. Bukan digoreng atau dipanggang.
2. Durian
Siapa yang tidak suka dengan buah yang manis dan legit ini? Namun sayangnya durian mengandung tinggi gula dan kolesterol. Sehingga sangat tidak disarankan bagi penderita asam urat.
3. Bayam
Sekalipun mengandung zat gizi yang tinggi, ternyata sayur bayam tidak disarankan bagi penderita asam urat. Karena mengandung zat purin yang cukup tinggi.
4. Seafood
Suka menikmati berbagai olahan seafood? Sebaiknya anda perlu menguranginya jika menderita sakit asam urat. Pasalnya, seafood tidak beda jauh dengan durian yang mengandung kadar kolesterol yang cukup tinggi. Sehingga jika dipaksa untuk terus mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak justru akan memperparah sakit yang diderita.
5. Makanan Bersantan
Meskipun rasa makanan bersantan cukup gurih, sebaiknya hindari mengonsumsinya terlalu berlebihan. Kadar lemak dan kolesterol yang tinggi bisa jadi akan memperparah rasa sakit yang diderita.

Cara Mengobati Asam Urat
Mencari obat untuk asam urat sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Anda bisa menggunakan berbagai rempah dan bahan dapur yang mudah didapat. Salah satunya adalah jahe.
Anda bisa menikmati segelas wedang jahe hangat dengan porsi sehari 3 kali untuk meredakan gejala asam urat. Selain diminum, jahe juga bisa diparut dan dibubuhkan pada kulit yang mengalami peradangan sendi. Rasa hangat dari bubuhan parutan jahe tersebut mampu meredakan gejala asam urat yang kadang sering datang di pagi hari. Namun jika terjadi iritasi pada kulit, sebaiknya penggunaan dihentikan.

Post a Comment

0 Comments