About us

Header Ads

Dari Tanda Awal Kehamilan Berikut Ini, Nomor 4 Paling Membingungkan


Bagi anda yang membaca artikel ini, mungkin sedang dibingungkan dengan sebuah pertanyaan. Apakah anda hamil atau tidak? Terutama jika belum pernah mengalami hamil atau baru pengalaman pertama. Tanda awal kehamilan kadang masih saja membingungkan. Karena ada beberapa ciri yang hampir sama dengan menstruasi.
Nah, kira-kira apa saja tanda awal kehamilan yang biasa muncul? Berikut penjelasannya.

1. Berhentinya Siklus Menstruasi
Bagi wanita dengan siklus normal, menstruasi atau haid akan datang setiap sebulan sekali. Namun anda perlu waspada jika sudah melewati tanggal datang bulan, menstruasi tidak juga kunjung datang. Bisa jadi ini adalah tanda kehamilan.
Berhentinya siklus menstruasi yang diakibatkan karena kehamilan disebabkan oleh tidak adanya peluruhan dinding rahim. Dinding rahim sekarang telah menjadi rumah yang nyaman bagi embrio untuk berkembang menjadi janin dan bayi yang kelak akan dilahirkan.

2. Mual Muntah
Hampir 75% ibu hamil selalu ditandai dengan adanya mual atau muntah yang lebih dikenal dengan morning sickness. Mual dan muntah ini dikarenakan oleh meningkatnya hormon HCG (Human Chorionic Gonadotripin) dalam darah. Meningkatnya hormon ini akan memberikan rasa pedih pada perut hingga memicu mual dan muntah.
Namun jika anda mengalami ini, tidak perlu merasa hawatir berlebihan. Karena mual muntah ini hanya terjadi pada trisemester pertama. Ketika kehamilan telah menginjak usia 4 bulan, mual muntah ini akan hilang dengan sendirinya.

3. Tanda Garis Dua Pada Alat Tes Kehamilan
Meningkatnya hormon HCG ini akan mempengaruhi konsentrasi urin. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa alat tes kehamilan menggunakan urin. Kadar HCG yang tinggi pada urin akan memberikan hasil yang signifikan adanya kehamilan atau tidak jika digunakan untuk media alat tes kehamilan. Anda dinyatakan hamil saat muncul garis 2 pada alat tes kehamilan.

4.  Adanya Bercak Darah
Tanda awal kehamilan selanjurnya adalah adanya bercak darah. Bagi yang baru pengalaman pertama pasti akan mengira ini justru tanda awal menstruasi. Namun sebenarnya bukan. Bercak merah tanda awal kehamilan ini cenderung hanya sedikit saja yang menandakan adanya pelekatan embrio pada rahim. Beda dengan bercak menstruasi yang akan diteruskan dengan keluarnya darah segar seperti menstruasi biasanya.

5. Sensitif Terhadap Berbagai Macam Bau Tertentu
Salah satu tanda meningkatnya hormon HCG adalah kecenderungan sensitif pada bau-bau tertentu. Bau seperti apa? Biasanya bau yang sedikit menyengat sehingga akan menimbulkan rasa mual dan muntah pada ibu hamil muda.
Ini wajar. Tidak perlu ditakutkan. Karena akan berkurang seiring bertambahnya umur kehamilan. Tapi sekalipun wajar, jika terlalu berlebihan sehingga mengganggu selera makan, anda bisa mencoba berkonsultasi dengan dokter atau bidan agar segera diberi obat anti mual.

6. Mudah Merasa Lelah
Selain hormon yang meningkat, kerja beberapa organ tubuh seperti ginjal, paru-paru dan jantung juga ikut meningkat. Hal inilah yang menyebabkan ibu hamil muda menjadi cepat lelah sehingga akan berpengaruh pada aktifitas sehari-hari.
Selain cepat lelah, ibu hamil juga sering merasa ingin biang air kecil. Hal ini disebabkan oleh rahim yang membesar akan menekan kandung kemih sehingga menimbulkan rasa ingin buang air kecil terus.

Demikian beberapa tanda awa kehamilan yang banyak dialami namun tidak banyak disadari. Mengetahui adanya kehamilan lebih awal akan memberi dampak yang lebih baik agar bisa dilakukan tindakan yang sesuai agar kehamilan bisa berlangsung sebagaimana mestinya. Untuk menghindari bayi lahir prematur atau terlalu cepat.

Post a Comment

0 Comments