About us

Header Ads

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Dan Laki-Laki Paling Mudah




Memiliki berat badan ideal menjadi dambaan setiap orang, tidak hanya wanita. Tidak sedikit kaum adam yang berusaha membuat berat badannya ideal. Memiliki berat badan yang ideal, tidak terlalu kurus maupun gemuk dapat meningkatkan kepercayaan diri dan lebih sehat. Berbagai cara dilakukan untuk mewujudkannya, mulai dari mengatur pola makan hingga olahraga.
Mengapa berat badan yang ideal menjadi keinginan banyak orang? Lalu, seperti apakah berat badan yang ideal itu? Dua pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sering diajukan banyak orang.
Seperti kita ketahui memiliki badan terlalu gemuk ataupun kurus beresiko terkena berbagai jenis penyakit. Namun sayangnya masih banyak orang yang berpendapat hanya berdasarkan hasil timbangan dengan tolak ukur berat badan seseorang yang dianggapnya ideal. Cara merujuk berat badan ideal tersebut salah.
Perlu diketahui berat dan bentuk badan adalah hal yang berbeda. Bentuk badan ideal merupakan hal yang subjektif, artinya bentuk badan yang ideal menurut Anda belum tentu sama dengan berat badan teman, saudara atau orang tua Anda. Sedangkan berat badan sifatnya objektif, artinya mungkin saja menurut Anda bentuk tubuh Anda tidak ideal, tapi bisa jadi berat badan Anda ideal.
Ada beberapa cara untuk mengetahui berat badan ideal untuk pria maupun wanita yang akan kita ulas dalam artikel ini. Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Cara Mengetahui Berat Badan Ideal Menggunakan Rumus Body Mass Index (BMI)
BMI atau singkatan dari Body Mass Index, yaitu cara menghitung berat badan berdasarkan tingi badan. Jika hasilnya menunjukkan 18,5 – 25 maka masuk ke dalam kategori ideal. Jika di atas 25 ke atas maka masuk ke kategori ringan, sedangkan jika lebih dari 40 maka masuk ke dalam kategori memilii berat badan berlebih.  Sedangkan jika hasilnya di bawah 18.5 maka masuk ke dalam kategori terlalu kurus.
Rumusnya adalah sebagai berikut.
BMI = berat badan dibagi tinggi dalam satuan meter kubik.
Jadi sebagai contoh jika berat badan Anda 60 kg dan tinggi 150cm maka cara perhitungannya adalah sebagai berikut.
60 : 1,52 = 60: 2,25 = 26.6.
Berdasarkan tabel BMI, berat badan 26,6 masuk ke dalam kategori overware.
Contoh perhitungan lain: Jika berat badan Anda 50 kg dan tinggi badan 160 cm
50: 2,56 = 19,5.
Berdasarkan tabel BMI, berat badan 19,5 masuk ke dalam kategori ideal.
Cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus BMI bisa untuk laki-laki maupun perempuan yang berumur 20 tahun ke atas.

Contoh Tabel Rumusan Berat Badan 

Cara Mengetahui Berat Badan Ideal Menggunakan Rumus Brosca
Berbeda dengan rumus BMI, cara menghitung berat badan menggunakan rumus brosca dibedakan antara laki-laki dan perempuan.

  - Untuk laki-laki rumusnya: (tinggi badan – 100) – (tinggi badan – 100) x 10%.
  - Sedangkan rumus untuk perempuan: (tinggi badan – 100) – (tinggi badan – 100) x 15%.

Menggunakan rumus Brosca bisa digunakan untuk menghitung berat badan ideal laki-laki dan perempuan yang sudah dewasa atau berumur 20 tahun ke atas. Untuk mengetahui berat badan ideal bayi, berat badan ideal anak 2 tahun dan ibu hamil bisa menggunakan cara yang tepat selain 2 rumus yang sudah kita bahas.
Demikian informasi mengenai cara menghitung berat badan ideal baik laki-laki maupun perempuan. Dengan mengetahui berat badan ideal, diharapkan dapat membantu Anda apakah harus menurunkan berat badan atau menambah berat badan. Selain bertujuan mendapatkan berat badan yang proposonal, juga untuk senantiasa demi menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Post a Comment

0 Comments